Sabtu, 05 April 2008

Da Vinci Code nya...Dan Brown


beberapa waktu yang lalu, secara ga sengaja aku dateng ke pameran buku di balai wanitatama. secara ga sengaja jg aku liat novel Angel & Demon-ny Dan Brown,dibandrol 30 rebu ama yg jual, tertarik ama harganya, aku beli.
I read that book seminggu n ak pikir keren juga ni novel, ngangkat tema2 konspirasi yang mungkin sdh biasa ya.. cm

wawancara Dan Brown ama sebuah televisi di inggris sono, about novel larisnya Da Vinci Code....
Di halaman fakta disebutkan novel ini adalah fakta sejarah. Seberapa benar Novel ini?
The Davinci Code adalah novel fiksi. Memang pelaku dan tindakan dalam buku ini tidak nyata tetapi hasil karya, arsitektur, dokumen dan ritual rahasia di dalamnya memang ada. Misalnya lukisan Leonardo Da Vinci, Gnostic Gospel, Hieraos Damos, dan lain-lain. Elemen-elemen yang nyata ini digabungkan dengan karakter-karakter fiksi. Ketika anda membaca halaman "fakta", anda lihat disitu disebutkan bahwa setiap dokumen, organisasi, karya seni, dan karya arsitektur di dalam novel ini adalah nyata.
Bukankah novel ini anti Kristen dan tanggapan anda tentang kritik cendekiawan Kristen?
Nggak. Buku ini tidak anti apapun. Hanya sekedar novel. Saya menulis cerita karena mendalami Kristen yang menarik perhatian saya. Sebagaian besar orang Kristen sadar bahwa buku ini memancing diskusi dan perdebatan. Berbahaya dan anti Kristen. Tapi banyak penghotbah, suster dan pendeta malah berterimakasih karena percaya novel ini memunculkan hal yang menarik dalam iman dan sejarah Kristen.
Novel ini bisa jadi suatu cara untuk mendalami atau mengintrosepski imannya. Mereka dan saling bertentangan, namun kritik itu akan memunculkan sinergi positif. Kontroversi dan dialog bagus untuk keimanan. Agama punya satu musuh --yaitu kelesuan iman-- dan debat adalah obatnya.
Beberapa fakta sejarah dalam vovel ini berbeda dengan sejarah yang dipelajari?
Sejak awal, pelajaran sejarah memang ditulis sama para "pemenang sejarah", Mereka yang menentukan sistem yang bikin kita punya pengertian seperti ini.
Walaupun begitu, kita masih bisa mencari "keakuratan sejarah" dari situ, seberapa cocok sama sejarah yang pernah kita pelajari.
Apakah anda orang Kristen?
Ya. Yang menarik, jika anda bertanya pada tiga orang apa arti Kristen, anda akan dapatkan tiga jawaban yang berbeda. Ada yang merasa cukup dibaptis saja. Ada yang merasa harus menerima Alkitab sebagai fakta sejarah yang nyata dan lain sebagainya. Iman itu adalah kesatuan, dan kita terjebak pada pengertian yang sama. Dengan menerima konsep yang kaku tentang iman, kita tidak melihat lagi kenyataan lain.
Topik novel ini sangat kontrovesrial. Anda tidak khawatir akibatnya?
Ide novel ini sudah ada berabad-abad. Bukan ide saya semata. Harus diakui, ini mungkin pertama kali ide ditulis dalam cerita triller, namun isinya bukan hal yang baru.
Harapan saya, novel ini, selain menghibur pembaca, juga membuka kesadaran memulai menjelajah dan menyalakan imannya kembali.
Di kover ditulis: "Konspirasi terbesar selama 2000 tahun terakhir." Apa maksudnya?
Rumor tentang konspirasi ini sudah dibisikkan sepanjang masa memakai banyak bahasa, termasuk bahasa musik, seni dan literatur.
Sebagaian bukti yang dramatis ini dapat ditemukan pada lukisan Leonardo Da Vinci, yang kelihatannya menyatu bersama simbol-simbol, penyimpangan dan kode-kode yang samar. Para ahli sejarah seni setuju bahwa pada lukisan Leonardo Da Vinci terdapat arti yang tersembunyi.
Para cendekiawan juga percaya karya tersebut memberikan petunjuk-petunjuk yang merujuk pada rahasia besar. Rahasia yang sampai sekarang masih dilindungi kelompok rahasia yang pernah diikuti Leonardo Da Vinci

Tidak ada komentar: