Share it

Jumat, 09 Mei 2008

oportunis...




apa sih arti kata diatas..?

setelah nyari di internet ( di kamus besar bahasa indonesia versi internet...)
ni website-nya..
http://http//www.pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/

dan ini arti kata oprtunis...

opor·tu·nis·me (n) paham yg semata-mata hendak mengambil keuntungan untuk diri sendiri dr kesempatan yg ada tanpa berpegang pd prinsip tertentu.

atau mungkin mnrtku lebih kaya' kemana angin berhembus kesitulah kita ikutin. mana yang sedang berkuasa kesitulah kita menggandengnya...dimana yang sedang menang kesitulah kita berbaris!

kalo ga salah oportunis cenderung seperti itu....tidak punya prinsip yang dianut atau dipegang teguh, parasit banget kaya'nya....kesana kemari asal terpenuhi hasrat dan kebutuhannya. nah, disini permasalahannya..aku ngrasa kaya'nya kok sikap oportunis itu ada dalam diriku....kalo melihat arti kata itu aku membenarkan kalo ada rasa seperti itu dalam diriku, rasa perasaan ngikut kemana angin berhembus, ngikut kemana yang berkuasa berbicara....rasa ingin terpenuhi nafsu, hasrat dan harapan ku dengan mengikuti aliran air yang sedang deras2nya!
aku jadi confuse bgt ni.....apakah aku emang orang seperti itu? tapi ngelihat arti kata yang cenderung menjurus ke arah negatif seperti itu aku jadi g mau disebut orang yang oportunis.....

aku jadi berpikir..apakah selamanya sikap oportunis itu adalah sikap yang salah, sikap yang tidak benar, sikap yang menjijikkan begitu?
bahkan aku akhir2 ini cenderung banyak melihat sikap2 orang2 yang cenderung mengarah ke arah oportunis itu.......hanya kecil memang atau hampir tersamar bahkan hal2 tsb kadang diarahkan sebagai pembenaran atau keharusan..apakah hal tsb tidak bisa disebut sebagai sikap oportunis?

mungkin aku harus lebih dalam lagi mencari serta memahami makna oportunis itu terlebih dahulu....terlalu banyak pertanyaan yang silih berganti muncul di benakku tapi kaya'ny otakku dah g nyampe buwat mikir2 hal2 seperti ini..atau mungkin aku emang berusaha lari dari kenyataan untuk memikirkan hal2 itu...

-_-

5 komentar:

My music mengatakan...

hai salam kenal, begetulan saya baca artikel ini?

saya juga merasa orang yang oportunis
mungkin bisa kita kenal dengan istilah egoisme, mementingkan diri sendiri dengan memanfaatkan hal sekitar,

kalo emang sifat itu di pandang negatif oleh anda, coba anda putar balikan lagi pemikiran anda,
coba anda pandang sifat oportunis itu adalah sifat positif,
artinya . . . anda memang ingin selalu berkembang dengan selalu memanfaatkan sekitar anda, itu wajar, sudah menjadi sifat manusia yang ingin berkembang dengan melihat sekitar sehingga dia ingin mengikutinya, dan kalau menurut saya sifat ini bagus, karena mempunyai ambisi yang jelas dalam hidupnya sehingga "kemanapun angin berhembus di situlah kita berpijak", sehingga dia akan berusaha untuk mencapainya,

kalo ada hal hal negatifnya sebaiknya di hilangkan saja, dari pada anda gk jelas pusing2 memikirkannya, heheehe

keep cheerss bro ...

piyu mengatakan...

O:observe
P:preventive
O:obey
R:reverse
T:talk less
U:unbeatable
N:negotiate
I:instinct
S:sharp thinking

just like me...


he..he..

narsis

Umesha Kevala mengatakan...

Halo, sebelumnya pendapat kamu yang paling atas itu udah bagus. tapi menurut saya sendiri itu yang dibicarakan diatas hanya dari keburukan dari "oportunis" itu. Sedangkan banyak orang yang bilang kalo "biasanya orang oportunis itu yang bakal jadi"...Kenapa?
Kalo kita mau ngebahas tentang kelebihan oportunis, orang awam seperti saya ini mungkin bisa berbicara sedikit. Oportunis yang di lakukan bersamaan dengan intelektual seseorang tidak akan dianggap sebagai parasit yang selalu mengikuti kemana penguasa berbicara kemana angin berhembus. Justru menurut saya sifat oportunis itu bisa dianalogikan sebagai paham yg semata-mata hendak mengambil keuntungan untuk diri sendiri dr kesempatan yg ada bisa dengan berpegangan terhadap prinsip terentu, atau pun tidak. Tergantung dari orang yang memiliki sifat oportunis itu sendiri. Kalo seseorang dengan sifat oportunis yang sekedar ngikutin kehendak sesaat, oportunis bisa dikatakan sifat yang buruk. Di lain hal kalo dia bisa memahami sifat dia sendiri, dia memanfaatkan oportunis sebagai "Full Employment" kesempatan penuh di setiap waktu.

mungkin segitu aja dulu. makasih

M. oki Noorcahya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
M. oki Noorcahya mengatakan...

hidup adlah keseimbangan..sebetulnya tidak ada baik atau buruk, itu adalah soal cara pandang kita saja...oportunis, pragmatish, parasit atau apapun hanyalah sebuah kalimat yang berawal dari persepsi kemudian berkembang menjadi asumsi. hidup cuma 60 tahun mz Bro..jadilah apa saja, nikmatilah apa saja..dengan begitu kita jadi semakin bijaksana....kita cuma butuh satu alasan untuk menjalani hidup, apapun itu terserah kamu. salam kenal PokycaY, Pria dengan rasa apeL segaR..(^_^)